Senin, 17 Mei 2010

Menjadikan Pembelajaran Semakin Menarik dengan ‘Multimedia’

JAKARTA - Tuntutan penyampaian materi pembelajaran hari ini semakin menuntut variasi dan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam hitungan tahun perkembangan media pembelajaran mengalami ekskalasi yang luar biasa cepat dari CAI, CAL maupun CBL. Belum lagi perkembangan gadget telekomunikasi dan komputer yang semakin lama semakin canggih.

Guru dalam menyampaian materi dalam kelas maupun individual sering kali mengalami beberapa keterbatasan, misal untuk melihat proses perkembangan virus dalam tubuh manusia atau terjadinya bencana tsunami yang merenggut ribuan korban jiwa di aceh sering kali tidak bisa disampaikan secara lugas dikarenakan beberapa faktor (keterbatasan informasi, minimnya sumber daya manusia maupun jauhnya jarak dan perbedaan waktu), disini multimedia bisa mengambil peranan penting mengatasi kendala-kendala tersebut.

Secara ‘istilah’ multimedia bisa didefinisikan sebagai kombinasi berbagai macam media (teks, gambar, animasi, simulasi) dalam satu paket, dimana masing-masing media saling bersinergi dalam menyampaikan informasi secara optimal. Kenapa multimedia menjadi relatif lebih menonjol dibandingkan yang lain, hal ini dikarenakan multimedia memiliki kecenderungan interaktivitas baik secara mental maupun fisik dibandingkan dengan media yang lain.

Adapun model pemanfaatan yang bisa dilakukan dengan multimedia yaitu ; multimedia bisa dijadikan sebagai salah astu unsur pembelajaran di kelas, multimedia sebagai media pembelajaran mandiri, dan multimedia sebagai satu-satunya media di pembelajaran. Supaya multimedia pembelajaran tersebut semakin menarik ada beberapa tips yang bisa dilakukan :

1. Optimalkan Komponen Pemicu (Triger)
2. Sulap Judul menjadi Lebih Menarik dan Menantang
3. Modifikasi Tujuan Pembelajaran
4. Berikan Appersepsi yang Kontekstual
5. Gunakan Graphical User Interface (GUI) yang mudah dan nyaman
6. Maksimalkan visualisai ide sesuai dengan karakteristik media yang memungkinkan

Tentu tidak ada kata mudah dalam membuat sebuah multimedia pembelajaran yang efektif, namun paling tidak mencoba dan terus mencoba adalah langkah awal yang harus ditempuh, sambil terus memperbaiki dan mengevaluasi setiap proses yang sudah kita lakukan. Dan tidak lupa berkonsultasi dengan para ‘ahli’ yang sudah lama berkecimpung dalam bidang ini sebelumnya. (Hasan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar